Fungsi Lookup pada Microsoft Excel
Fungsi Lookup adalah fungsi pada excel yang digunakan untuk membaca tabel yang diterjemahkan melalui kolom atau baris.
Fungsi Lookup bisa dikatakan juga sebagai salah satu fungsi pencarian, saat kita akan mencari nilai tertentu dan kemudian mendapatkan data dari posisi yang sama dibaris atau kolom lain.
1. Fungsi HLOOKUP, yaitu fungsi yang digunakan untuk membaca tabel data yang disusun secara horizontal.
Syntax :
=HLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num, [range_lookup])
Catatan: Table_array merupakan range atau tabel yang digunakan untuk mencari data yang diinginkan (Tabel Bantu).
2. Fungsi VLOOKUP, yaitu fungsi yang digunakan untuk membaca tabel data yang disusun secara vertikal.
Syntax :
=VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num, [range_lookup])
3. Fungsi CHOOSE, yaitu fungsi yang dugunakan untuk menampilkan hasil pilihan berdasarkan pada nomor indeks atau posisi urutan yang terdapat pada suatu table data, atau mengurutkan data dari data bantu.
Contoh :
=CHOOSE(A3;"Senin";"Selasa";"Rabu";"Kamis";"Jumat";"Sabtu")
1. Fungsi Hlookup
Pada table soal di atas lookup value atau yang digunakan untuk referensi pencarian adalah kolom “KODE”
Tabel bantu adalah sel H4 sampai dengan sel L6
Pada baris pertama tabel bantu tertulis data KODE
Pada baris kedua tabel bantu tertulis data UPAH
Pada baris ketiga tabel bantu tertulis data BONUS
Rumus diambil dari tabel bantu yang disusun horizontal(mendatar)
Maka untuk menghitung Upah di sel E4 sampai dengan sel E10 dan Bonus di sel F4 sampai dengan F10 dengan fungsi Hlookup adalah sebagai berikut ;
Upah =HLOOKUP(D4;$H$4:$L$6;2;0)
Keterangan; D4 adalah lookup value, $H$4:$L$6 adalah tabel bantu yang di absolutkan, 2 adalah kita menggunakan tabel bantu baris kedua.
Bonus =HLOOKUP(D4;$H$4:$L$6;3;0)
2. Fungsi Vlookup
Pada table soal di atas lookup value atau yang digunakan untuk referensi pencarian adalah kolom “KODE”
Tabel bantu adalah sel H4 sampai dengan sel J8
Pada kolom pertama tabel bantu tertulis data KODE
Pada kolom kedua tabel bantu tertulis data UPAH
Pada kolom ketiga tabel bantu tertulis data BONUS
Rumus diambil dari tabel bantu yang disusun vertikal(menurun)
Maka untuk menghitung Upah di sel E4 sampai dengan sel E10 dan Bonus di sel F4 sampai dengan F10 dengan fungsi Vlookup adalah sebagai berikut ;
Upah =VLOOKUP(D4;$H$4:$J$8;2;0)
Keterangan; D4 adalah lookup value, $H$4:$J$8 adalah tabel bantu yang di absolutkan, 2 adalah kita menggunakan tabel bantu kolom kedua.
Bonus =VLOOKUP(D4;$H$4:$J$8;3;0)
3. Fungsi Choose
Rumus diambil dari tabel bantu 1 dan tabel bantu 2
Maka untuk mengisi Jabatan di sel D4 sampai dengan sel D10 dan Upah di sel E4 sampai dengan sel E10 dengan fungsi Choose adalah sebagai berikut ;
Tabel Bantu 1
Jabatan =CHOOSE(C4;"Kepala Tukang";"Tukang Profil";"Tukang";"Pekerja")
Tabel Bantu 2
Upah =CHOOSE(C4;150000;140000;120000;100000)
Demikian, semoga bermanfaat.
Fungsi Lookup bisa dikatakan juga sebagai salah satu fungsi pencarian, saat kita akan mencari nilai tertentu dan kemudian mendapatkan data dari posisi yang sama dibaris atau kolom lain.
Secara umum fungsi Lookup terdiri dari 3 jenis yaitu ;
1. Fungsi HLOOKUP, yaitu fungsi yang digunakan untuk membaca tabel data yang disusun secara horizontal.
Syntax :
=HLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num, [range_lookup])
Catatan: Table_array merupakan range atau tabel yang digunakan untuk mencari data yang diinginkan (Tabel Bantu).
2. Fungsi VLOOKUP, yaitu fungsi yang digunakan untuk membaca tabel data yang disusun secara vertikal.
Syntax :
=VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num, [range_lookup])
3. Fungsi CHOOSE, yaitu fungsi yang dugunakan untuk menampilkan hasil pilihan berdasarkan pada nomor indeks atau posisi urutan yang terdapat pada suatu table data, atau mengurutkan data dari data bantu.
Contoh :
=CHOOSE(A3;"Senin";"Selasa";"Rabu";"Kamis";"Jumat";"Sabtu")
Contoh Penggunaan fungsi Lookup
1. Fungsi Hlookup
Pada table soal di atas lookup value atau yang digunakan untuk referensi pencarian adalah kolom “KODE”
Tabel bantu adalah sel H4 sampai dengan sel L6
Pada baris pertama tabel bantu tertulis data KODE
Pada baris kedua tabel bantu tertulis data UPAH
Pada baris ketiga tabel bantu tertulis data BONUS
Rumus diambil dari tabel bantu yang disusun horizontal(mendatar)
Maka untuk menghitung Upah di sel E4 sampai dengan sel E10 dan Bonus di sel F4 sampai dengan F10 dengan fungsi Hlookup adalah sebagai berikut ;
Upah =HLOOKUP(D4;$H$4:$L$6;2;0)
Keterangan; D4 adalah lookup value, $H$4:$L$6 adalah tabel bantu yang di absolutkan, 2 adalah kita menggunakan tabel bantu baris kedua.
Bonus =HLOOKUP(D4;$H$4:$L$6;3;0)
2. Fungsi Vlookup
Pada table soal di atas lookup value atau yang digunakan untuk referensi pencarian adalah kolom “KODE”
Tabel bantu adalah sel H4 sampai dengan sel J8
Pada kolom pertama tabel bantu tertulis data KODE
Pada kolom kedua tabel bantu tertulis data UPAH
Pada kolom ketiga tabel bantu tertulis data BONUS
Rumus diambil dari tabel bantu yang disusun vertikal(menurun)
Maka untuk menghitung Upah di sel E4 sampai dengan sel E10 dan Bonus di sel F4 sampai dengan F10 dengan fungsi Vlookup adalah sebagai berikut ;
Upah =VLOOKUP(D4;$H$4:$J$8;2;0)
Keterangan; D4 adalah lookup value, $H$4:$J$8 adalah tabel bantu yang di absolutkan, 2 adalah kita menggunakan tabel bantu kolom kedua.
Bonus =VLOOKUP(D4;$H$4:$J$8;3;0)
3. Fungsi Choose
Rumus diambil dari tabel bantu 1 dan tabel bantu 2
Maka untuk mengisi Jabatan di sel D4 sampai dengan sel D10 dan Upah di sel E4 sampai dengan sel E10 dengan fungsi Choose adalah sebagai berikut ;
Tabel Bantu 1
Jabatan =CHOOSE(C4;"Kepala Tukang";"Tukang Profil";"Tukang";"Pekerja")
Tabel Bantu 2
Upah =CHOOSE(C4;150000;140000;120000;100000)
Demikian, semoga bermanfaat.
Posting Komentar untuk "Fungsi Lookup pada Microsoft Excel"